Kuantitas dan Kualitas Tidur

Halo sobat ideal, kembali bertemu dalam artikel kami yang berjudul “Kuantitas dan Kualitas Tidur”. Sebenarnya sebelum membuat artikel ini, kami memiliki permasalahan tidur dimana tidur malam kami cukup, tapi keesokan harinya badan tidak merasa segar, malah cenderung merasa lelah .

Lalu kami berusaha mencari penyebab dan cara mengatasi permasalahan yang kami hadapi ini. Setelah mempelajari berbagai sumber, kami menemukan bahwa, untuk mendapatkan tubuh yang segar keesokan hari, tidak cukup hanya memperhatikan “KUANTITAS” tidur saja, tetapi juga harus mendapatkan “KUALITAS” tidur yang baik.

 

Baik, sekarang kita bahas masing-masing hal tersebut:

 

KUANTITAS TIDUR

Hal ini mengacu pada berapa jam jumlah total kita tidur pada malam hari. Untuk orang dewasa direkomendasikan jumlah ini antara 7 – 9 jam per hari. Tetapi kadang tergantung pada masing-masing individu, ada orang yang tidur 5 jam saja, tapi sudah merasa cukup dan bugar pada keesokan paginya, tetapi juga mungkin ada yang tidur 9 jam tetapi masih merasa mengantuk pada keesokan paginya.

 

KUALITAS TIDUR

Jika anda sudah memiliki kuantitas tidur yang cukup, tetapi masih merasa lesu atau mengantuk pada keesokan harinya, maka permasalahan anda terletak pada ‘kualitas tidur’ anda. Sebanyak apa pun seseorang tidur, tetapi jika tidak berkualitas, maka tidak akan terlalu berpengaruh pada kebugaran tubuh.

 

Tetapi, mengukur kualitas tidur, tidak semudah kita mengukur kuantitas tidur. Kadang kita tidak tahu apakah tidur kita sudah cukup berkualitas atau tidak. Berikut ini kami bagikan beberapa parameter atau ukuran untuk mengukur kualitas tidur kita :

 

  1. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur

Hal ini adalah waktu yang dibutuhkan sobat untuk tidur dihitung dari saat sobat sudah berada di atas ranjang. Berdasar salah satu sumber yang kami baca , waktu yang baik adalah 30 menit atau kurang.

 

Jika sobat naik ke atas ranjang, dan sudah bersiap untuk tidur, tetapi sobat sulit tertidur dan membutuhkan waktu yang lama sampai sobat tertidur (lebih dari 30 menit) , mungkin sobat dapat membaca artikel kami ‘Cara Tidur Cepat ala Militer‘ untuk cara tidur yang lebih cepat.

 

  1. Berapa kali terbangun pada malam hari

Jika sobat sudah tertidur, tetapi sobat sering terbangun pada tengah malam, maka kualitas tidur sobat kurang baik. Sumber yang kami baca menyebutkan, kualitas tidur yang baik adalah jika sobat hanya terbangun 1 kali dalam 1 malam atau tidak terbangun sama sekali.

 

  1. Berapa jumlah total menit anda terbangun pada malam hari

Jumlah ini adalah jumlah total menit anda terbangun pada malam hari, jadi jika anda terbangun 2 kali pada malam hari dan setiap anda terbangun, anda membutuhkan waktu 10 menit untuk tertidur kembali, maka jumlah total menit anda adalah 2x 10 menit = 20 menit. Sumber yang kami pelajari menyebutkan jumlah total ideal adalah 20 menit atau kurang.

 

  1. Persetasi anda tidur selama berada di ranjang

Sekarang kita akan menghitung persentasi waktu sobat tidur dari jumlah total sobat berada di ranjang. Caranya , sobat catat kira kira jam berapa sobat naik ke atas ranjang, lalu catat jam berapa sobat turun dari ranjang keesokan harinya. Hitung jumlah total sobat berada di ranjang dalam menit (A). Lalu, jumlah total (A) tersebut, sobat kurangkan dengan waktu yg sobat perlukan untuk tidur (B) seperti di poin 1 di atas, lalu kurangkan lagi dengan jumlah total menit anda terbangun pada malam hari (C) seperti pada poin 3 di atas. Hasilnya sobat kalikan 100 lalu dibagi jumlah total di ranjang (A). Hasilnya dapat kita bilang baik, jika nilainya 85 ke atas.

 

Demikian singkatan rumusnya :

 

((A – B – C) X 100 ) / A

 

Nah dari pembahasan kita di atas, sekarang kurang lebih sobat dapat menghitung kuantitas dan kualitas tidur sobat.

 

Jika sobat membutuhkan peralatan tidur yang berkualitas , dapat menghubungi kami di email : idealsleep88@gmail.com

 

Sekian artikel dari kami saat ini, sampai berjumpa di artikel kami berikutnya.

Artikel terkait :

Cara Tidur Cepat ala Militer

Temperatur / Suhu Ideal Untuk Tidur

Tips Tidur Nyenyak

 

 

 

 

Source:
Freepik.com
https://www.sleep.org/articles/sleep-quantity-different-sleep-quality/
https://medicalfuturist.com/analyze-sleep-quality/
https://www.sleepfoundation.org/articles/good-fair-or-poor-how-well-do-you-sleep