Temperatur / Suhu Ideal Untuk Tidur

Apakah tidur malam anda gelisah? Anda sering terbangun saat tengah malam, dan sulit untuk tidur kembali? Mungkin ada baiknya anda memeriksa suhu ruang tidur anda. Penelitian menjelaskan bahwa suhu ruangan dapat mempengaruhi nyenyak atau tidaknya tidur anda.

Saat tidur, tubuh berusaha mencapai suhu ideal untuk  dapat terlelap, mengatur suhu ruangan anda menjadi sejuk, dapat mempercepat proses ini sehingga anda dapat tertidur lebih cepat dan lebih lama tanpa terbangun. Suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin, selain membuat anda lebih sulit untuk tidur, dapat menyebabkan tubuh anda menjadi tidak nyaman, berkeringat atau menggigil sehingga anda dapat  terbangun tengah malam atau bermimpi buruk.

Suhu ruangan yang secara umum dianjurkan adalah pada rentang 18-23 derajat Celcius. Rentang ini adalah panduan secara umu, tetapi dapat bervariasi tergantung kondisi tubuh setiap orang. Orang yang terlalu gemuk, karena memiliki banyak lemak, panas yang dihasilkan oleh tubuh menjadi lebih besar, sehingga membutuhkan suhu ruangan yang lebih rendah dari orang lain umumnya untuk dapat merasa nyaman. Demikian sebaliknya, orang yang terlalu kurus, mungkin membutuhkan suhu ruangan yang tidak terlalu dingin untuk dapat merasa nyaman, karena lemak tubuhnya sedikit, sehingga panas yang dihasilkan oleh tubuh juga menjadi lebih sedikit.

Jadi, untuk menunjang kenyamanan istirahat malam anda, ada baiknya anda mempelajari pada suhu ruangan berapa anda dapat tertidur paling nyenyak dan gunakan pedoman tersebut untuk mengatur suhu ruangan anda.

Source:

https://sleep.org/articles/temperature-for-sleep/

http://www.webmd.com/sleep-disorders/features/cant-sleep-adjust-the-temperature#1