Duvet dan Duvet Cover

Apa bedanya duvet dan duvet cover? Pertanyaan ini masih sering kami jumpai saat membicarakan tentang selimut. Ada begitu banyak jargon tentang selimut ini ( yang umum di antaranya adalah fleece, bedcover, duvet, duvet cover, doona cover dll.) sehingga membuat beberapa customer kami sering merasa bingung.

Pada awalnya selimut yang umum digunakan di hotel adalah selimut coklat dari bahan polyester yang umum dikenal dengan nama selimut fleece , cirinya sedikit berbulu di kedua sisi nya dan terbuat dari 100% polyester, karena kurang nyaman jika lanhsung bersentuhan dengan kulit maka selimut ini dalam penggunaannya sering dibungkus dengan kain sprei di sisi atas dan bawahnya.

Seiring perkembangan waktu, diciptakan bedcover yang pada awalnya fungsi utamanya sesuai namanya , (bed = tempat tidur dan cover = penutup), adalah menutup tempat tidur agar tidak berdebu. Tetapi sering juga langsung digunakan sebagai selimut sehingga penggunaan selimut fleece menjadi berkurang , karena bedcover ini selain memberikan fungsi sebagai selimut juga memberikan fungsi estetika (keindahan) kamar tidur dengan motif yang beragam dan cantik disesuaikan dengan pengaturan kamar tidur.

Semakin berkembang penggunaan bedcover ini dimana-mana juga menimbulkan masalah saat akan membersihkannya, bedcover terbuat dari lapisan polyester fiber yang dibungkus dengan kain bermotif dan diberi quilting / jahitan di tengahnya. Sehingga untuk membersihkan bedcover dengan mesin cuci biasa cukup sulit karena ukurannya yang besar dan dapat menyerap air.

Lalu orang mulai menggunakan duvet dan duvet cover sebagai pengganti bedcover. Dimana duvet sama seperti bedcover tetapi kain pembungkusnya adalah kain polos dan duvet cover adalah pembungkus duvet , biasanya dengan kain bermotif atau bisa juga polos disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Keuntungannya menggunakan duvet dan duvet cover ini adalah saat membersihkannya (jika duvetnya tidak kotor) , pengguna cukup mencuci duvet covernya saja , sama seperti anda mencuci sarung bantal dan jarang mencuci bantalnya. Dan duvetnya dapat langsung digunakan lagi dengan menggunakan duvet cover pengganti. Cara penyimpanannya pun lebih mudah, dari pada mempunyai 3-4 bedcover sebagai cadangan, kini hotel cukup mempunyai 1 atau 2 duvet dengan 3-4 duvetcover sebagai cadangan, tentu hal ini sangat mengurangi pemakaian tempat penyimpanan.

Duvet sendiri dapat disesuaikan dengan permintaan pembeli, apakah ingin menggunakan fill polyester fiber, microfiber atau yang termewah saat ini down feather. Setiap jenisnya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing yang sekiranya akan kami bahas di artikel lain.

Demikian kiranya sedikit penjelasan kami mengenai duvet dan duvet cover , sekiranya anda memiliki pertanyaan atau kebutuhan seputar duvet dan duvet cover silahkan menghubungi kami di email idealsleep88@gmail.com . Kami dengan senang hati akan berusaha membantu anda.

Beat regards.