3 Jenis Kain Sprei di Pasaran

Halo sobat ideal, kembali lagi bertemu di artikel terbaru kami, 3 jenis kain sprei yang sering ditemukan di pasaran (khususnya indonesia) .

 

Jika sobat pergi berbelanja sprei , baik ke pasar atau ke mall , biasanya penjual akan menawarkan bahan kain sprei dengan nama- nama seperti : “katun jepang”, “katun lokal”, “sutera organik”. Tentunya sobat bingung dengan nama nama ini. Nah, melalui artikel ini, kami akan mencoba memberikan keterangan sebenarnya bahan apa yang dimaksud oleh nama nama di atas.

 

Ok, sekarang kita mulai penjelasannya, sebenarnya katun jepang, katun lokal dan sutera organik, hanya merupakan nama-nama awam , atau nama-nama marketing yang memudahkan orang awam (bukan orang dengan background tekstil) untuk membedakan jenis bahan sprei. Berikut penjelasan masing masing bahan :

 

  1. Katun jepang

Tentunya bahan ini yang paling sering ditawarkan saat sobat pergi berbelanja sprei. Nama ‘katun jepang’ ini bukan berarti kainnya berasal / diimpor dari jepang. Kemungkinan besar kain katun ini dibuat di china ,walau todak menutup kemungkinan ada hasil produk dalam negeri, tetapi jarang. Nama katun jepang sendiri sebenarnya ingin menunjukkan kualitas bahan yang digunakan adalah kain 100% katun, tanpa campuran polyester. Sehingga rasanya adem, lebih nyaman ditiduri , dan tentu harganya cukup mahal.

 

  1. Katun lokal

Untuk bahan ‘katun lokal’ ini juga, bukan selalu artinya bahan kain ini dibuat di indonesia, bisa juga merupakan bahan impor, kata kata ‘katun lokal’ ini sebenarnya menunjukkan arti bahan bahan sprei ini merupakan campuran katun dan polyester. Biasanya perbandingannya 50-50. Sehingga harganya lebih murah, terasa sedikit lebih kasar dari pada bahan katun jepang, tetapi lebih cepat licin saat digosok.

 

  1. Sutera organik

Nama sutera organik ini adalah nama bahan yang paling keren di pasaran. Tetapi bahan yang digunakan sendiri bukan lah sutera yang dihasilkan dari kepompong itu. Sutera organik ini nama lainnya adalah bahan tencel. Bahan ini kemungkinan dibuat dari berbagai serat tanaman seperti bambu atau rayon, karena berasal dari tanaman makanya disebut organik. Ciri khas dari bahan ini adalah terasa licin, agak tipis , dan sangat adem. Tetapi licinnya disini berbeda dengan satin loh ya, satin terbuat dari 100% polyester, sehingga terasa agak panas, sedangkan bahan sutera organik ini karena terbuat dari bahan alam, maka seperti katun jepang, rasanya enak untuk ditiduri. Tetapi, harganya jauh lebih mahal dibanding katun jepang.

 

Nah sampai disini, mudah mudahan sobat ideal dapat lebih memahami perbedaan bahan sprei saat sobat berbelanja. Dan kami juga menyediakan bahan katun jepang, katun lokal dan sutera organik ini. Silahkan kunjungi instagram kami di @idealsleep111

 

Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami di email :

Idealsleep88@gmail.com

 

Terima kasih, sampai berjumpa di artikel berikutnya. Salam sejahtera.