Kurang Tidur, Bahayakah ?

Dewasa ini kesibukan sehari-hari sangat menumpuk, khususnya bagi anda yang tinggal di kota besar, tentu pernah merasakan betapa kurangnya waktu 24 jam, baik untuk menyelesaikan pekerjaan maupun untuk sekedar berkumpul bersama teman-teman, bermain game maupun bermain social media. Akhirnya, yang anda korbankan adalah waktu tidur anda.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat timbul akibat anda kurang tidur:
Mengurangi reaksi reflek dan konsentrasi anda. Sangat berbahaya bagi anda yang berkerja mengoperasikan alat berat dan mengemudi.
Menjadi mudah lupa dan sulit mengambil keputusan. Tentunya anda tidak ingin melupakan kapan tugas anda harus diserahkan pada atasan anda atau anda melupakan jadwal keberangkatan pesawat anda.
Emosi menjadi tidak stabil. Anda akan menjadi lebih mudah marah, frustrasi, stress karena hal-hal yang sederhana. Ini dapat membuat anda memperburuk situasi , baik dalam hubungan keluarga, maupun hubungan dengan rekan kerja anda.
Mengurangi daya tahan tubuh anda. Anda akan menjadi lebih mudah tertular penyakit dan waktu yang dibutuhkan tubuh anda untuk sembuh akan semakin lama. Itulah sebabnya mengapa orang sakit disarankan untuk banyak beristirahat (tidur).

Tentunya masih banyak efek negatif lain dari kurang tidur seperti kegemukan (obesitas), mempertinggi resiko penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesuburan.

Berdasar uraian di atas, tentunya anda yang saat ini masih mempunyai waktu tidur yang kurang , harus berusaha untuk memperbaiki waktu tidur anda demi diri anda sendiri dan orang lain yang anda kasihi.

Source:
http://www.medicaldaily.com/7-health-consequences-going-bed-past-midnight-247247
http://edition.cnn.com/2014/03/11/health/upwave-sleep-deprivation/
http://www.nhs.uk/livewell/tiredness-and-fatigue/pages/lack-of-sleep-health-risks.aspx